Sujud Sahwi Dalam Sholat

Sujud Sahwi
Sujud Sahwi Dalam Sholat.

Secara bahasa Sahwi berarti lalai atau lupa. sebagimana firman Allah :

فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ # الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلاَتِهِمْ سَاهُونَ

Artinya : "Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat. (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya." (QS Al-Ma'un : 4-5)


Sujud Sahwi adalah sujud yang dilakukan dalam sholat ketika terlupa sesuatu dalam sholat tersebut. sujud sahwi bukanlah sujud biasa yang terdapat dalam sholat. hanya saja sujud sahwi itu diwajibkan ketika seseorang terlupa akan sesuatu dalam sholatnya.

Kapan sujud sahwi diwajibkan?

Sujud sahwi diwajibkan ketika seseorang lupa atau ragu-ragu dalam sholat, misalnya seseorang ragu-ragu apakah dia telah sholat sebanyak 3 rakaat ataukah telah sholat sebanyak 4 rakaat.

Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

إذَا قَامَ أَحَدُكُمْ يُصَلِّي جَاءَهُ الشَّيْطَانُ فَلَبِسَ عَلَيْهِ صَلَاتَهُ حَتَّى لَا يَدْرِيَ كَمْ صَلَّى فَإِذَا وَجَدَ أَحَدُكُمْ ذَلِكَ فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ

Artinya : "Jika salah seorang dari kalian pergi sholat, kemudian setan datang dan menjadikannya ragu akan sholatnya sampai dia tidak mengetahui sudah berapa (rakaat) dia sholat jikalau demikian maka sujudlah 2 sujud dan dia dalam keadaan duduk (tasyahut akhir)."

Dan dalam riwayat lain :

ثُمَّ لِيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ ثُمَّ يُسَلِّمْ

Artinya : "maka baginya (melakukan) 2 sujud ketika dalam keadaan duduk (tasyahut akhir) sebelum salam dan kemudian salam."

Dalam dua hadist diatas Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- mewajibkan sujud sahwi ketika seseorang ragu akan jumlah rakaat sholatnya. maka beliau memerintahkan untuk sujud 2 rakaat sebelum salam.

Jika seseorang ragu apakah telah sholat 3 rakaat ataukah telah 4 rakaat, berapakah yang harus dia pilih?

Jika seseorang ragu apakah dia telah sholat sebanyak 3 rakaat ataukah 4 rakaat maka baginya untuk memilih yang kira-kira dia paling yakin. jika lebih yakin kalau dia telah sholat 4 rakaat, maka anggaplah telah sholat 4 rakaat dan kemudian sujud sahwi sebelum salam.

Jika tidak yakin salah satu dari keduanya seperti dia sama sekali ragu antara 3 atau 4 rakaat, maka baginya untuk mengambil yang sedikit. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

فَلْيَطْرَحْ الشَّكَّ وَلْيَبْنِ عَلَى مَا اسْتَيْقَنَ ثُمَّ يَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ

Artinya : "Kemudian hilangkanlah ragu-ragu itu dan ambillah apa yang paling diyakini kemudian sujud 2 sujud sebelum salam."

Jika sadar telah sholat 5 rakaat, apakah yang seharusnya dilakukan? apakah harus membatalkan kemudian mengulangi sholatnya?

Jika seseorang sadar bahwa dia telah sholat sebanyak 5 rakaat, akan tetapi sebelumnya dia lupa atau ragu-ragu. maka jangan batalkan sholatnya, selesaikan kemudia sujud sahwi. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :


إذَا زَادَ أَوْ نَقَصَ فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ

Artinya : "Jika tertambah atau terkurangi (sholatnya) maka sujudlah 2 sujud."

Wallahu a'lam

# Rujukan
Majmu' Fatawa, karya Taqiyuddin Ahmad Bin Abdul Halim Bin Taimiyah. Bab Sujud Sahwi (edisi bahasa arab)

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates