Hukum Mengeraskan Al-Fatehah Dalam Sholat

Bismillah.

Pertanyaan :
Apakah hukum mengeraskan suara ketika membaca al-fatehah dalam sholat berjama'ah?

Jawaban :
Segala puji hanya milik Allah, sholawat serta salam senantiasa tercurah atas Nabi Muhammad -sholallahu 'alaihi wasallam-. adapun selanjutnya :

Dalam madzhab Malikiyah, Hanabilah dan Syafyi'iyah, hukum mengeraskan al-fatehah bagi imam ketika sholat maghrib, Isya' dan subuh dalam sholat berjama'ah adalah sunnah. dan dalam madzhab Hanafiyah adalah wajib.



Perbadaan pendapat ini didasarkan pada praktek Nabi -sholallahu 'alaihi wasallam- ketika menjadi imam pada sholat jahriyah (maghrib, isya' dan subuh) bahwa beliau selalu mengeraskan bacaan al-fatehah pada dua rekaat yang pertama. beliau bersabda :

صلوا كما رأيتموني أصلي

Artinya : "sholatlah kalian sebagai mana aku sholat."

Dan pendapat yang paling kuat adalah -wallahu a'lam- hukumnya sunnah mengeraskan bacaan al-fatehah bagi imam pada sholat jahriyah (maghrib, isya' dan subuh) dan bagi imam yang lupa kemudian tidak membacanya secara keras, maka tidak diwajibkan sujud sahwi.

Akan tetapi bagi kita selaku ummat Muhammad -sholallahu 'alaihi wasallan- untuk senantiasa meniru praktek beliau ketika sholat. yaitu dengan mengeraskan bacaan al-fatehah dan bacaan surat setelahnya pada sholat jahriyah (maghrib, isya' dan subuh) di dua rekaat pertama. wallahu a'lam

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Types of Baccarat - Worringer and the City
Many people like worrione the traditional Baccarat game, or Baccarat, which is played as 인카지노 either a straight up or There are numerous variants of 메리트 카지노 고객센터 Baccarat available in the

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates